Cari Blog Ini

Kamis, 30 Juni 2022

Siap menjadi Koder dan PIPP Profesional bersama Asus ExpertBook B7 Flip (B7402)

 

" Bekerja sesuai passion dengan gaji diatas rata-rata, punya waktu  untuk self healing, tabungan cukup untuk biaya pendidikan hingga anak kuliah dan investasi ada dimana-mana"

Setiap orang pasti menginginkan itu semua karena kebebasan finansial adalah hal utama supaya hidup terasa nyaman dan aman. Nyaman karena semua kebutuhan terpenuhi dan aman karena tak perlu memikirkan besok mau makan apa.

Dulu pada saat pertama kali memasuki dunia kerja, saya hanya berharap bekerja di suatu instansi dan bisa mengaplikasikan semua ilmu yang saya miliki tanpa berpikir berapa salary yang didapat dan ke depannya jenjang karir seperti apa.

Namun setelah berpuluh tahun bekerja, akhirnya saya menyadari bahwa finansial plan itu sangat penting untuk merancang masa depan. Uang memang bukanlah hal utama didunia ini tapi tanpa uang kita tak bisa mewujudkan mimpi-mimpi kita.Ibarat nasi sudah menjadi bubur, sekarang saya baru menyadari pentingnya kebebasan finansial dalam kehidupan, its almost late but its not too late to start it.

Mulanya saya berpikir kenapa sih teman-teman sudah mampu mencapai semua keinginan mereka dalam hidup ini, punya rumah, mobil pribadi, jabatan yang tinggi di kantor, keluarga yang harmonis menurut penglihatan saya, dan bisnis sampingan yang incomenya buat saya baper.

Sedangkan saya ...apa yang telah saya capai diumur segini???

Pertanyaan ini membawa pergulatan batin yang luar biasa dalam diri saya, beruntung saya dibesarkan dilingkungan yang juga memegang teguh ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari sehingga penyesalan bukanlah hal yang saya pikirkan.

Manusia diciptakan Allah dengan mengemban beberapa misi, salah satunya adalah sebagai khalifah. Allah menciptakan seseorang pasti karena suatu tujuan, itulah yang terpatri dalam benak saya. Mungkin saya belum sampai pada level kebebasan finansial, karir pun biasa saja, dan investasi pun masih dalam sebatas impian tapi saya memiliki seorang buah hati yang normal secara fisik dan cerdas sedangkan diluar sana masih banyak orang yang menantikan kehadiran seorang anak, saya pun diberikan Allah pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup meskipun pekerjaan ini memang bukanlah passion saya tapi ternyata justru dari pekerjaan ini saya menemukan jati diri saya yang sebenarnya, Alhamdulillah...ternyata Allah begitu sayang dengan saya.

Saya bekerja sebagai seorang PIPP dan juga koder. Profesi yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya karena basic pendidikan saya adalah kebidanan, lebih tepatnya seorang Bidan Pendidik. Sedangkan PIPP adalah petugas pemberi informasi dan pengaduan bagi peserta BPJS Kesehatan dan koder adalah orang yang melakukan koding INA CBG sebagai salah satu proses pembayaran klaim terhadap layanan kesehatan yang telah diberikan pada suatu fasilitas kesehatan.

Bayangkan bagaimana saya harus beradaptasi dengan job description yang sama sekali tidak pernah saya lakukan sebelumnya. Beruntungnya saya karena dulu sempat mengenyam pendidikan sebagai mahasiswa jurusan IT meskipun hanya sampai semester 7, jadi setidaknya saya bukanlah orang yang gaptek. 

Baru sebulan bergelut dengan profesi baru tersebut, saya pun harus dihadapkan dengan proses audit dari BPKP ( Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan ), rasanya saya ingin resign saja pada saat itu karena menghadapi tim audit dengan berbagai pertanyaan tentang laporan klaim BPJS. Tapi  ternyata tantangan ini menjadi pemacu semangat kerja saya. 

Saya pun menyusun rencana, apa saja yang harus saya lakukan demi menjadi koder dan pipp yang professional.

Belajar Koding

Hal utama yang menjadi target saya adalah mempelajari Koding INA CBG, yaitu pengkodean untuk klasifikasi jenis penyakit. Master book Kode ICD 9 dan ICD 10 menjadi buku yang selalu ada di meja saya pada saat itu. Saya pun mengklasifikasikan lagi kode ICD 9 dan ICD 10 yang biasa digunakan di Rumah Sakit tempat saya bekerja, karena rumah sakit kami termasuk rumah sakit kelas C type khusus.
Puncak dari keseriusan saya menjalani profesi ini adalah workshop pengkodingan INA CBg yang saya ikuti 6 bulan sejak saya bekerja dibidang koding tersebut. Alhamdulillah, hasilnya benar-benar membuka mata saya bahwa saya pasti mampu menjalani profesi ini. Ditambah lagi rekan kerja yang memang ahli di bidang casemix karena memang lulusan dari Rekam Medik , selalu membantu saya jika ada kesulitan.

Belajar koding menggunakan aplikasi INA CBGs

Memahami berbagai regulasi yang berkaitan dengan pengkodingan

Yang namanya orang baru melek, pastilah butuh proses untuk memahami. Satu per satu regulasi saya baca dan pelajari supaya paham karena sangat berkaitan dengan pengkodingan. Apalagi peraturan-peraturan tersebut selalu update, menyesuaikan dengan kondisi yang sedang terjadi. Misalnya pandemi covid19 yang terjadi membuat pemerintah selalu menggelontorkan berbagai regulasi baru terkait pembayaran klaim covid,jadi saya pun berusaha keras memahami regulasinya satu per satu.

Memperbaiki cara komunikasi dengan orang lain

Berbicara dengan orang lain itu adalah hal yang memang biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari -hari, namun berbeda dengan berkomunikasi dengan para peserta BPJS Kesehatan yang sedang sakit dan membutuhkan berbagai informasi maupun menanggapi keluhan yang mereka sampaikan. Setelah mengikuti berbagai pertemuan dengan tim dari PIPP BPJS Kesehatan , saya pun mulai terbiasa menghadapi pasien-pasien BPJS Kesehatan yang memerlukan bantuan saya.
Dan siapa tau dengan memberikan pelayanan yang terbaik dengan sepenuh hati bisa membawa saya menjadi salah satu The Best PIPP RS di wilayah regional tempat saya bekerja, aamiin ya Allah.

The Best PIPP RS Triwulan I tahun 2022

Mengasah keterampilan menggunakan berbagai aplikasi terkait INA CBGs dan BPJS Kesehatan

Bagi seorang koder, aplikasi INA CBGs dari Kementerian Kesehatan RI adalah sahabat sejati yang selalu digunakan dalam proses pengajuan klaim BPJS Kesehatan. Aplikasi INA CBGs ini dalam proses pengembangan yang selalu menyesuaikan dengan kondisi terkini. Oleh sebab itu aplikasinya akan selalu di update, bahkan dalam sebulan bisa mengalami beberapa kali update sistem. Hingga saat ini aplikasi INA CBGs yang kami gunakan adalah versi 5.6.7.202204241238.

Aplikasi Eklaim (INA CBGs) 


Untuk menjalankan job description sebagai seorang PIPP di rumah sakit, saya pun harus menguasai berbagai aplikasi yang disediakan oleh BPJS Kesehatan yaitu : VClaim, SIPP, HFIS dan JKN Mobile. 
Semua aplikasi kanal dari BPJS ini berbasis web, sehingga sangat fleksibel bagi kami untuk mengaksesnya dimanapun dan kapanpun. Tak jarang gawai saya berdering ditengah malam karena petugas di rumah sakit ingin memvalidasi data pasien BPJS.




Bicara tentang konektivitas dan fleksibilitas,jadi ingat kalau ASUS pada tanggal 8 juni 2022  baru saja mengenalkan hasil inovasi terbarunya yaitu Laptop Bisnis ExpertBook B7 Flip (B7402). Sebuah laptop canggih dengan konektivitas 4G dan 5G yang memaksimalkan kita mengakses internet dengan kencang dan tanpa batas.

Konektivitas 4G dan 5G

Laptop ini memang dilengkapi dengan Wi-Fi 6(802.11ax), namun pada saat jaringan wifi bermasalah kita dapat menggunakan jaringan seluler langsung tanpa perangkat perantara karena dilengkapi dengan modem 4G dan 5G terintegrasi.
Jadi kalau saya sedang berada didaerah yang minim jaringan wifi, cukup dengan memasang kartu sim aktif bisa langsung mengakses internet tanpa batas tapi dengan catatan tersedia kuota internet dalam kartu simnya ya guys.


Mesin canggih dengan kapasitas penyimpanan maksimal

ExpertBook B7 Flip (B7402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. dan RAM DDR4 berkapasitas sampai 16GB serta penyimpanan PCIe SSD berkapasitas sampai 1TB !! . oleh sebab itu kecepatan dan kemampuan penyimpanan data sudah tidak diragukan lagi.
Fitur ini sangat penting untuk pekerjaan saya sebagai seorang koder yang mengandalkan pengolahan data dalam jumlah besar, dan kecepatannya sangat mensupport proses pengiriman data pada aplikasi INA CBGs sehingga tidak akan ada lagi notifikasi gagal kirim data.
Maklum saja, aplikasi INA CBGs ini digunakan oleh seluruh koder yang berada di berbagai rumah sakit seluruh indonesia jadi sangat membutuhkan laptop yang gesit dengan kapasitas makismal. Semakin cepat kami melakukan pengolahan data, maka proses pengajuan klaim akan semakin cepat, dan hasil akhirnya adalah kecepatan dana yang masuk ke rekening rumah sakit di tempat saya bekerja.



Daya tahan baterai sampai 12 jam

Menjadi seorang koder maupun seorang PIC di rumah sakit mengharuskan saya menggunakan laptop dalam waktu yang lama, sehingga salah satu pertimbangan dalam memilih laptop adalah daya tahan baterainya. Apalagi baterai ExpertBook B7 Flip (B7402) dilengkapi dengan sistem pendingin khusus ASUS Advance Hybrid Coolong System atau AHCS. Sistem pendingin ini dirancang agar panas dapat dilepas secara optimal melalui serangkaian heatpipe dan metal plate sehingga luas penampang pendingin jadi 39% lebih besar dari sistem pendingin standar. Sehingga dengan daya tahan baterai sampai dengan 12 jam memberikan kenyamanan pada saat saya bekerja.

Design yang fleksibel dan aman untuk mobilitas tanpa batas

Design ExpertBook B7 Flip (B7402) yang tipis dan ringan, membuatnya sangat fleksibel untuk dibawa kemanapun. Ditambah lagi ketangguhan konstruksi laptop ini sudah lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL STD-810H).
Diperkuat dengan keyboard yang tahan dengan tumpahan air dan konstruksi port yang didesain secara khusus agar tidak mudah rusak sehingga memberikan keamanan bagi para penggunanya. Maklum saja, dengan mobilitas yang tinggi baik di kantor maupun di rumah sering kali membuat kita tidak memperhatikan kondisi pada saat menggunakan laptop. Tertumpah air lah atau ceroboh memasang kabel sehingga memperbesar kemungkinan kerusakan laptop. Ternyata ASUS sudah mengakomodir kemungkinan hal-hal ini terjadi pada para penggunanya.
Selain itu layarnya pun bisa dibuka sampai dengan 360 derajat, sehingga bisa berubah perform seperti tablet. Dan layar yang touchscreen dilengkapi dengan stylus pen, membuat laptop ini tampil lebih stylish.
Wah, mimpi dulu deh gimana kalau meeting atau memvalidasi data peserta BPJS menggunakan ExpertBook B7 Flip (B7402) pasti comfortable banget karena slim dibawa kemana-mana , beratnya hanya 1.44 kg (3.17 lbs ).




Menjaga privacy bagi para penggunanya


Laptop ini dilengkapi dengan Trusted Platform Module (TPM) 2.0 sebagai chip untuk menyimpan password dan kunci enkripsi agar tetap aman, dan dilengkapi juga dengan teknologi ASUS Private view yang membuat sudut pandang layar lebih privacy sehingga orang lain tidak dapat melihat apa yang kita kerjakan, amazing banget ya guys.
Teknologi ini pasti mampu mendukung tugas saya sebagai koder dalam melindungi keamanan data yang tersimpan dan teknologi Two-Way AI Noise-Cancelling ( Fitur kecerdasan buatan untuk menghilangkan suara bising pengguna dan lawan bicara) dapat memperlancar proses meeting atau tele conference yang seringkali dilakukan oleh BPJS Kesehatan maupun kementerian Kesehatan.

Perlindungan Extra dari ASUS

Sebagai perusahan produsen laptop yang selalu menawarkan produk komputasi terbaik dan sudah terstandarisasi, ASUS memberikan layanan 2 tahun garansi global,  ekstra warranty extention hingga 5 tahun, Accidental Damage Protection ( ADP ) dengan garansi perlindungan hingga 100%, layanan onsite service, dan VIP Support line yang disertai dukungan teknis khusus.
Jadi kita tidak perlu khawatir menggunakan laptop ini, karena jaminan yang diberikan ASUS komprehensif.

Spesifikasi ExpertBook B7 Flip (B7402)


Main Spec.

ExpertBook B7 Flip (B7402)

CPU

Intel® Core™ i5-1155G7 Processor 2.5 GHz (8M Cache, up to 4.5 GHz, 4 cores)

Intel® Core™ i7-1195G7 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 5.0 GHz, 4 cores)

Operating System

Windows 11 Home - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 11 Pro - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Windows 10 Pro - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Free Upgrade to Windows 11¹

Memory

16GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:64GB

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

Display

Touch screen, 14.0-inch, WUXGA (1920 x 1200) 16:10, Integrated privacy screen, Wide view, Anti-glare display, LED Backlit, 500nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio:81 %

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)

Input/Output

2x USB 3.2 Gen 2 Type-A

2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery

1x mini Display Port

1x HDMI 2.0b

1x micro HDMI (RJ45 lan)

1x 3.5mm Combo Audio Jack

SIM card slot

Smart card reader

Camera

720p HD camera with IR function to support Windows Hello

With privacy shutter

Connectivity

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2

Audio

Audio by DTS Smart Amp Technology Built-in speaker Built-in array microphone harman/kardon (Premium) with Cortana support

Battery

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension 

32.00 x 23.42 x 1.80 ~ 1.89 cm (12.60" x 9.22" x 0.71" ~ 0.74")

Weight

1.44 kg (3.17 lbs)

Colors

Black

Price

Starts from Rp33.164.000

Warranty

2 tahun garansi global



Jujur setelah saya membaca sederet kelebihan ExpertBook B7 Flip (B7402) target menjadi koder dan PIPP yang profesional tergambar jelas didepan mata. Tapi untuk memilikinya butuh usaha dan doa, salah satu usahanya ya ikut lomba blog ASUS ini siapa tau menang dan doanya sudah selalu digaungkan di setiap waktu dan kesempatan, hanya menunggu kalau Allah meridhoi supaya dewan juri mengkliknya di link ini, hehehe.

Nah, bagaimana dengan anda...setelah panjang kali lebar kali tinggi, saya mengumbar kelebihan Laptop Bisnis ExpertBook B7 Flip (B7402), setujukah bahwa laptop ini sangat fleksibel, nyaman dan aman untuk digunakan bagi para pebisnis maupun pekerja dengan mobilitas tinggi  ?? 
Saya tunggu jawabannya di kolom komentar ya.




Referensi :

  1. https://www.asus.com/uk/Laptops/For-Work/ExpertBook/Expertbook-B7-Flip-B7402F-11th-Gen-Intel
  2. https://bit.ly/B7Flip
  3. https://www.handikoo.com/2022/06/asus-expertbook-b7-flip-b7402-laptop.html
  4. https://www.youtube.com/watch?v=hb45Zxt1cKw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS

Solusi menghadapi selimut polusi dan perubahan iklim di era digitalisasi

sumber :   Canva Sejak awal oktober hingga 2 minggu terakhir oktober 2022 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mencatat sebany...