Cari Blog Ini

Selasa, 23 Juli 2019

TIPS MENGALIHKAN PERHATIAN ANAK TERHADAP GADGET


Dizaman millennial ini gadget adalah hal yang lumrah berada ditangan anak-anak. Malah banyak anak-anak yang sudah kecanduan dengan gadget. Sudah tugas kita sebagai orang tua harus menjaga dan mengarahkan anak kita supaya terhindar dari hal-hal negative terutama pengaruh media social.

Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menghindari anak kecanduan gadget.

1. Hindari penggunaan gadget didepan anak




    Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, itu merupakan pepatah lama yang memang terbukti kebenarannya. Apa yang orang tua lakukan , maka hal itu akan diikuti oleh anaknya. Oleh sebab itu usahakan untuk tidak memegang Hp atau gadget didepan anak-anak karena itu akan membuat anak merasa bahwa dimata orang tuanya gadget lebih penting darinya. Dan kalua oarng tuanya           memegang gadget otomatis anak-anak akan tertarik untuk meminjam gadget tersebut dari orang         tuanya. Jadi usahakan pada saat bersama anak-anak terutama disaat santai, jangan pernah   memegang gadget. Kalaupun ada hal penting yang memang harus dilakukan dengan gadget tsb, usahakan jangan terlihat anak-anak. 

2. Batasi waktu penggunaan gadget
    Kalau anak anda sudah terlanjur kecanduan dengan gadget, usahakan secara perlahan batasi waktu penggunaan gadget tsb. Misalnya anak sedang asyik bermain gadget,anda bisa bilang " Kak, jam 9 stop maen gadgetnya ya, kita bobok dulu ya ". Kalau anak menolak, anda harus mengalah….cari trik lain supaya anak mau melepaskan gadgetnya. Misalnya " Kak 15 menit lagi mainnya ya, setelah itu kita main mobil-mobilan dulu ".

3. Ajak anak bermain
Usahakan alihkan perhatian anak dari gadget. Salah satunya dengan mengajaknya bermain mainan yang sangat disukainya sehingga dia tidak akan menolak ketika harus melepaskan gadget.


4. Bacakan buku cerita
   
Mungkin tidak semua anak yang menyukai buku cerita, tapi itu semua tergantung usaha kita sebagai orang tua yang menginginkan Pendidikan terbaik untuk anaknya. Pilihlah buku cerita yang     bergambar, yang Nampak menarik bagi anak-anak.

5. Ajak anak untuk menggambar
    

Anak-anak balita umumnya menyukai corat-coret, nahhh...kita manfaatkan hobinya ini untuk mengalihkan mereka dari gadget. Sediakan buku gambar skalian alat-alat Tulis gambar lain yang menarik bagi anak. Misalnya anak yang suka karakter Doraemon, sediakan buku gambar yg sampulnya atau isi bukunya gambar doraemon, ataupun alat tulis yang ada karakter doraemon.



Anak-anak adalah harta yang berharga bagi para orang tua, jadi sudah sepatutnya kita jaga sebaik mungkin, mulai dari sejak dini tanamkan nilai -nilai kebaikan dan disiplin pada anak-anak.
Akhir kata saya ucapkan semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS

Solusi menghadapi selimut polusi dan perubahan iklim di era digitalisasi

sumber :   Canva Sejak awal oktober hingga 2 minggu terakhir oktober 2022 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mencatat sebany...