Cari Blog Ini

Kamis, 27 Februari 2020

Menelisik Jejak Insan Bumi Mandiri Di Wilayah Pedalaman Indonesia Timur


Dalam menjalani kehidupan ini, manusia akan selalu dihadapkan dengan berbagai permasalahan dunia . Roda dunia berputar sesuai dengan takdir masing-masing. Ada kalanya manusia bergelut dalam kebahagiaan dan tak jarang dalam seketika musibah datang menghantam.

Di saat musibah dan cobaan hadir dalam kehidupan kita, selayaknya kita mampu menerima dengan penuh keikhlasan dan berserah diri sepenuhnya kepada Sang Maha Penguasa Alam Semesta.

Dan ketika kebahagiaan sedang mengelilingi kita, jangan lupa dengan orang-orang disekitar kita. Jika kita diberi Allah anugerah dengan gelimangan harta, sudah selayaknya kita berbagi dengan orang-orang di sekitar kita maupun orang-orang yang memang membutuhkan uluran tangan kita. Karena, membantu orang lain adalah bentuk ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Sesuai dengan untaian ayat Al Qur’an ini :



وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat berat siksaan-Nya. – (Q.S Al-Maidah: 2)



Dalam agama islam wajib bagi kita untuk menolong orang lain yang sedang kesusahan. Terkadang kita tak sadar bahwa disekeliling kita masih banyak orang-orang yang kurang beruntung, yang hidup di bawah garis kemiskinan, ataupun orang-orang yang sedang bergelut dengan suatu penyakit. Tak jarang kita terkesan tutup mata ataupun pura-pura tidak tau dengan kesusahan saudara-saudara kita, hanya karena anggapan bahwa itu sudah menjadi takdir mereka yang harus mereka jalani.


Tak jarang kita terlalu sibuk dengan rutinitas kita hingga lupa, dengan semua kondisi miris di sekeliling kita. Cobalah sesekali, anda meluangkan waktu sedikit mengintip kehidupan orang-orang yang memang secara demografi letaknya jauh dari kita tapi kondisi kehidupan mereka sungguh memprihatinkan, anda bisa membuka website https://insanbumimandiri.org/id. Suatu lembaga filantropi yang focus bergerak dalam pembangunan pedalaman Indonesia timur dan juga program sosial bagi orang-orang yang memang membutuhkan di seluruh wilayah Indonesia. Lembaga yang memiliki kantor di Jl. Setra Dago Barat No. 25 Antapani Kulon , Antapani,Kota Bandung, provinsi Jawa Barat sudah berdiri sejak 2 Februari 2016. Memang waktu 4 tahun merupakan waktu yang masih singkat bagi Insan Bumi Mandiri dalam menjalankan perannya dibidang sosial, tapi sederet program bantuan yang telah diselesaikan dapat menjadi bukti konkrit peran Insan Bumi Mandiri bagi Negara Indonesia itu bukanlah suatu hal yang biasa.



Berikut beberapa jejak nyata Insan Bumi Mandiri di pedalaman Indonesia Timur  :
  1.  Bantuan Penyaluran Air Bersih di wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan . Sebanyak 343 KK telah dapat merasakan manfaat air bersih di desa Mnelaanen, Desa Mauleum dan desa Tliu.
    www.insanbumimandiri.org/id/post/penyaluran-bantuan-air-bersih-untuk-tts

  2.  Penyaluran Al Qur'an untuk TPA Nurul Bahri Kangge, Kec Pantar Barat Laut ( NTT ). Anak-anak dari wilayah Indonesia Timur ini patut diacungi jempol, karena semangat mereka yang tinggi untuk mempelajari Al-Qur'an.
    www.insanbumimandiri.org/id/post/pengadaan-quran-untuk-tpa-nurul-bahri-kangge-ntt
  3. Penyaluran Al-Qur'an ke daerah pedalaman Papua Barat. Penyaluran bantuan ini disebarkan di empat desa di pedalaman Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.
    www.insanbumimandiri.org/id/post/perjuangan-penyaluran-al-quran-ke-pedalaman-papua-barat
  4.  Pembangunan Masjid Tureng di Kabupaten Manggarai barat,NTT.
    www.insanbumimandiri.org/id/post/pembangunan-masjid-di-tureng-ntt-selesai
  5.  Bantuan pengobatan untuk Ayu Lestari, warga Dusun Sangaji, Desa Sangia Kab. Bima, NTB yang mengalami kelainan ginjal. Akhirnya sahabat kecil kita ini dapat tersenyum kembali berkat bantuan para donatur yang disampaikan melalui Insan Bumi Mandiri.

Sederet refleksi yang dilakukan oleh Insan Bumi Mandiri lainnya dapat dilihat di link Insan Bumi Mandiri https://insanbumimandiri.org/id. Supaya yang masih memiliki keraguan untuk donasi disini bisa terjawab ya. Apalagi bagi kalian yang benar-benar peduli dengan kehidupan masyarakat di wilayah Indonesia timur, cukup klik di link Sahabat Pedalaman  https://insanbumimandiri.org/en/post/category/blog.


3 Alasan kenapa memilih untuk berdonasi di Insan Bumi Mandiri 

  1.  Insan Bumi Mandiri memiliki legalitas dan payung hukum yang jelas.
  2.  Penyaluran donasi yang jelas dan dapat dipantau di web site www.insanbumimandiri.org
  3.  Audit keuangan yang transparan dan jelas. Laporan keuangan Insan Bumi Mandiri diaudit secara berkala oleh Kantor Akuntan Publik.
Legalitas Insan Bumi Mandiri

Jadi, tunggu apalagi….buanglah keraguan kalian, mari bantu para sahabat di Pedalaman Indonesia Timur dengan berdonasi di Insan Bumi Mandiri https://insanbumimandiri.org/id.





Referensi :
  1. https://insanbumimandiri.org/id
  2. https://www.kompasiana.com/contentcreatoribm/5d6bbde2097f3618093c0ac2/insan-bumi-mandiri-penipu-jawab-keraguan-anda-di-sini.
  3. https://www.insanbumimandiri.org/id/post/terima-kasih-sahabat-kini-ayu-telah-sehat
  4. https://www.insanbumimandiri.org/id/post/perjuangan-penyaluran-al-quran-ke-pedalaman-papua-barat.










1 komentar:

  1. wahhh barakallah, semoga makin banyak yg tergerak hatinya untuk ikut donasi dan membantu sesama.

    BalasHapus

NEWS

Solusi menghadapi selimut polusi dan perubahan iklim di era digitalisasi

sumber :   Canva Sejak awal oktober hingga 2 minggu terakhir oktober 2022 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mencatat sebany...