Cari Blog Ini

Senin, 09 Maret 2020

BERBURU PEMPEK VIA TRAVELOKA EATS




   Kalau bicara tentang kuliner, Palembang salah satu kota di wilayah sumatera yang sangat kaya dengan wisata kulinernya. Kuliner yang menjadi ciri khas kota ini adalah Pempek. Kalau kalian sedang berkunjung ke kota ini, kalian akan melihat disetiap sudut kota ini pasti ada tempat jajanan pempek, baik itu warung kecil atau sudah sekelas restoran atau café.

   Sejarah pempek berawal dari masuknya perantau tionghoa ke Palembang pada abad ke-16, pada saat kekuasaan Sultan Mahmud Badaruddin II. Konon kabarnya kata pempek ini berasal dari sebutan apek atau pek-pek, yaitu panggilan untuk lelaki tionghoa. Sekitar tahun 1617 seorang apek yang berusia kurang lebih 65 tahun , tinggal ditepian sungai musi dan dia merasa prihatin karena tangkapan ikan yang berlimpah ruah dari Sungai Musi belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat disekitarnya. Pada saat itu masyarakat hanya mengolah ikan dengan digoreng dan dipindang. Akhirnya apek berinisiatif membuat olahan dari ikan giling dan tepung tapioka. Hasil olahannya ini dijajakannya berkeliling menggunakan sepeda. Karena apek tersebut sering dipanggil pek-pek, maka akhirnya makanan olahan tersebut disebut empek-empek atau pempek.

Ada bermacam-macam pempek yang telah dikenal saat ini yaitu :
  • Pempek Kapal selam
  • Pempek Lenjer
  • Pempek lenggang
  • Pempek panggang
  • Pempek kerupuk/keriting
  • Pempek krispi
  • Pempek tahu
  • Pempek adaan
  • Bahkan saat ini sudah ada tumpeng yang dibentuk dari pempek untuk acara ulang tahun

   Bagiku yang memang penduduk asli kota ini, pempek adalah makanan sehari-hari yang wajib dimakan, pokoknya tiada hari tanpa pempek. Kalau sehari saja tidak makan pempek pasti terasa ada yang kurang. Rasanya yang gurih dan lumer dilidah membuatku ketagihan. Kalau ditanya dimana tempat beli pempek yang enak rasanya, pasti diriku susah untuk menjawabnya karena dikota ini banyak banget tempat jajanan pempek yang rasanya dijamin bikin lidah kita ketagihan. Apalagi pempek ini bisa dikunyah dalam suasana apapun,bisa jadi sarapan pagi, snack sore bahkan menjadi tumpeng ultah.
    Harga pempek ini pun bervariasi, untuk sebuah pempek dengan ukuran kecil berkisar 1.000-5.000. Untuk pempek lenjer dan kapal selam berkisar antara 10.000-35.000 per buah. Harga tergantung ukuran dan jenis ikan yang dipakai untuk pengolahan pempek tersebut Pada umumnya ikan yang dipakai adalah ikan tenggiri, ikan gabus dan ikan kakap.
    Suatu sore, diriku lagi pengen banget ngunyah pempek, kebeneran ada teman yg ngajak ketemuan jadi, tanpa pikir panjang ku ambil hp android dan mulai searching lokasi pempek yang tepat untuk dinikmati sore itu. Sekilas diriku teringat dengan sesuatu yang baru dari aplikasi traveloka. Maklum, sekarang kan traveloka bukan sekedar untuk booking tiket atau booking hotel, sudah ada menu baru yang mempermudah mencari tempat nyantai bareng teman tapi nggak bikin kantong bocor karena kita dimanjakan dengan berbagai voucher dan diskon. Apalagi traveloka sudah menjadi partnerku selama 5 tahun untuk pemesanan tiket. Jadi tidak ada keraguan lagi dengan pelayanan traveloka.

Kenapa harus pakai Traveloka Eats ???

Pasti penasaran kan, kenapa diriku lebih memilih menggunakan traveloka eats ini. Sebenarnya ada 3 alasan kenapa traveloka eats yang menjadi pilihanku untuk berkuliner ria.

  • Ada banyak penawaran khusus ataupun voucher direstoran dan tempat-tempat makan yang ada di Traveloka Eats.
  • Pilihan tempat makan pun sangat bervariatif, mau kuliner apapun dan dimanapun tinggal searching aja.
  • Transaksi lebih mudah dilakukan, mengingat sistem pembayaran yang sangat fleksibel.
Oleh sebab itu saya menggunakan traveloka eats ini untuk mendapatkan penawaran special, alias hidden germs untuk membeli pempek di salah satu restoran yang ada dikota ini. Hitung-hitung bisa menghemat kantong, apalagi ditanggal tua ya.

Cara menemukan Hidden Germs di Traveloka Eats

  1. Unduh aplikasi traveloka


Step 1
Step pertama yang wajib dilakukan adalah download aplikasi traveloka di smart phone kalian. Di menu traveloka, kalian akan menemukan banyak pilihan yaitu : tiket pesawat, hotel, tiket bus dan travel, antar jemput bandara. Ada 6 fitur baru yang dikenalkan oleh traveloka : Xperience, Eats, Kereta Api, Rental Mobil, Asuransi dan Visa. Silahkan kalian klik Eats untuk mulai perburuan makanan yang kalian inginkan. Kalau kalian ingin mencari tempat di sekitar kalian, silahkan menggunakan tombol " Filter " di bagian paling atas. 
Kalau mau mencari "Pempek", tinggal ketik pempek dan lanjut dengan penelusuran.
2. Cari penawaran spesial


Step 2
Setelah masuk aplikasi traveloka eats, silahkan kalian entri lokasi dan mulai telusuri makanan yang kalian inginkan. Nanti akan muncul beberapa lokasi dan kalian akan menemukan beberapa resto dengan tulian berwarna orange " Special Offer ". Silahkan di klik ya.

3. Lihat detail restoran

Step 3
Lanjut ke step berikutnya, kalian akan mendapatkan detail restoran yang kalian cari. Lokasi ,jam layanan hingga reputasi restoran tersebut bisa kalian lihat disana .Ulasan dari beberapa konsumen yang pernah datang kesana bisa menjadi referensi kalian untuk datang ke resto tersebut.

4. Baca ketentuan special offer secara teliti
Step 4

Ini nih yang paling penting baca syarat dan ketentuan dengan teliti, untuk memastikan kalian bisa mendapatkan voucher ataupun special offer.Pastikan kalian membaca semua detail yang tersedia : mulai dari masa berlaku, syarat dan ketentuan, hingga lokasi reedem voucher. 

5. Konfirmasi pesanan


Step 5



Jangan lupa pilih jumlah voucher yang kalian inginkan dan cek kembali detail pesanan kalian jangan sampai salah order ya guys. Setelah itu silahkan pilih metode pembayaran yang akan kalian lakukan.
6. Dapatkan voucher
 
Step 6

     Setelah  pembayaran kalian di verifikasi, maka kalian akan mendapatkan email dan sms verifikasi. Voucher eats kalian hanya dapat di akses melalui aplikasi Traveloka, jadi kalian tidak perlu mencetak apapun, reedem vouchernya langsung di smart phone kalian.

       Tuh kan hidden germs nya mudah banget ditemukan , tinggal login, pilih dan bayar. Jadi tunggu apalagi, buat kalian asosiasi pencinta restoran all you can eat murah, kumpulan pemuda pemudi susah diet,barisan pemburu deals makan murah, himpunan orang bingung mau makan dimana, klub upload foto sebelum makan, persatuan pencinta restoran yang minumnya refill buruan searching aja di traveloka eats ya. Dijamin sesuai dengan keinginan kalian guys....







Referensi : 
  1.       https://www.instagram.com/travelokaeats/
  2.       https://id.wikipedia.org/wiki/Pempek      
  3.       https://blog.traveloka.com/article/cara-menggunakan-kupon-eksklusif-traveloka/
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS

Solusi menghadapi selimut polusi dan perubahan iklim di era digitalisasi

sumber :   Canva Sejak awal oktober hingga 2 minggu terakhir oktober 2022 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mencatat sebany...