Cari Blog Ini

Minggu, 05 April 2020

Avana, jawaban bagi pebisnis online


Di zaman millennial ini, siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya internet. Semuanya serba online, pesan makanan online, pesan driver online, mau ngobrol pun online.
Tiada hari tanpa memegang Hp, baik itu anak-anak hingga orang tua. Menjelang akhir bulan pun, rekan-rekan kerjaku sudah sibuk ngotak ngatik hp mereka sembari memilih barang-barang kebutuhan mereka untuk dimasukkan ke dalam keranjang pesanan. Jadi pada saat gaji diterima mereka tinggal melakukan pembayaran pesanan.
Zaman memang sudah benar-benar canggih ya, toko online sudah bertebaran dimana-mana. Ditambah lagi hadirnya berbagai market online dengan iklan yang bertebaran dari waktu ke waktu memenuhi layar hp kita. Kita yang pada awalnya tidak berniat membeli suatu barang, eh....karena gambarnya nongol terus jadi tertarik untuk meng klik iklan itu. Sudah nge klik , mulai deh cuci mata hingga akhirnya tertarik untuk membeli.
Tapi untuk saya yang sehari-hari bekerja sebagai seorang pegawai swasta, media sosial ini bukan cuma sekedar media untuk menghabiskan uang tapi justru sebaliknya, menjadi media untuk menghasilkan uang. 
Berawal dari menyiapkan kebutuhan pakaian untuk anak saya yang berumur 2 tahun, saya memulainya dengan browsing melalui Instagram. Melalui Instagram saya mulai penelusuran produk-produk pakaian bayi yang berkualitas dengan bahan yang nyaman dipakai oleh sikecil, dan yang paling penting dengan harga murah. Karena sering membeli pakaian untuk sikecil, lama-lama saya berpikir bagaimana caranya mendapatkan baju anak saya secara gratis, sekaligus memenuhi hasrat shopping yang biasa terpendam dalam diri setiap ibu rumah tangga.
Saya memulai bisnis online yang saya beri nama " Alyababyshop_Palembang" dengan membeli sejumlah pakaian anak disalah satu pusat grosir didaerah Bogor. Kemudian baju-baju ini saya foto satu-persatu dan mulai deh saya pajang di instagram. 
Sudah lumrah bahwa memulai suatu bisnis itu bukanlah hal yang mudah, karena kita harus memulainya dengan mencari pengunjung dahulu. Dan meningkatkan jumlah follower itu bukanlah semudah membalikkan telapak tangan, karena tidak cukup dengan hanya sekedar membeli follower dan rate penjualan akan meningkat, semuanya tidak segampang itu.

4 Hal penting yang harus diperhatikan   dalam berbisnis online
Jenis Bisnis
Pertama kali yang harus kita lakukan dalam memulai suatu bisnis adalah menentukan jenis atau bidang bisnis yang akan kita geluti, dan ini dapat anda pilih berdasarkan pasion atau hobi kalian, agar nantinya kalian akan tertarik dan menyenangi bisnis ini.
Jenis Produk
  Sebelum menentukan produk, kita harus melakukan riset pasar terlebih dahulu, agar kita mengetahui  minat pembeli dan harga produk yang ada di pasaran. Hal ini dapat membantu kita dalam menentukan harga dan jenis produk yang akan dijadikan ikon di toko online kita. Contohnya : Vanilahijab, produk dari toko ini memiliki kelebihan tersendiri, selain motif yang dihasilkan adalah produksi sendiri, dan bahan produknya nyaman bagi para konsumen, sehingga meskipun dijual dengan harga relatif tinggi tapi pasarnya tidak pernah sepi. Dan jumlah followernya pun meningkat terus.
Target Pasar
Dari hasil riset pasar,akan nampak dinamika pembelian konsumen di pasar online. Kita harus jeli memasang target dari dinamika ini, dan untuk pemula dalam bisnis online, ada baiknya jangan memasang target terlalu tinggi karena, menarik minat pelanggan adalah hal terpenting dalam memulai suatu bisnis.
Media promosi yang digunakan
Promosi produk adalah hal terpenting yang dapat menentukan tingkat penjualan toko online kita. Berbagai media sosial dapat kita gunakan untuk promosi, diantaranya : Instagram, facebook, wa, dan juga website. Promosi di berbagai media sosial ini juga membutuhkan content creator yang menarik agar calon konsumen tertarik dengan produk kita. Bagi para pebisnis online yang terbiasa promosi di media sosial, memilih content creator menjadi suatu ajang kreativitas. Tapi bagi para pemula didunia bisnis online, untuk mempromosikan suatu produk bukanlah hal mudah.
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Delloite Access Economics menyebutkan bahwa 36% UMKM yang ada di Indonesia masih berkutat dengan pemasaran kovensional.                                                                                                                                 
Bagi kalian yang baru memulai ataupun pemula di bisnis online, disarankan bagi kalian untuk menggunakan platform Social Commerce untuk menciptakan toko online yang menarik dan berkualitas.

Pernah dengar tentang Avana ??
Avana adalah suatu platform Social Commerce pertama di Indonesia yang dapat mengubah media sosial anda menjadi toko online yang berkualitas melalui website yang professional.
Avana pertama kali hadir di tahun 2016, dengan kapasitas tim hanya 6 orang dan sekarang sudah berkembang menjadi 40 orang lebih tenaga muda yang siap mengembangkan bisnis anda.

" kak, saya gaptek dengan IT. Gimana donk ?"
Keraguan inilah yang kadang-kadang membuat sebagian besar orang jadi separuh hati dalam menjalankan bisnis online, karena tidak pede dengan kemampuan IT nya. Tapi jangan khawatir, karena sistem pengelolaan Avana akan dibuat dengan mudah dan praktis. Bahkan anda dapat membuat toko online social commerce dalam waktu 5 menit.

Benarkah semudah itu ? Caranya ?

Beneran donk bukan kaleng-kaleng ya. Kalian hanya perlu melakukan 3 langkah ini :
1. Buat akun
Gunakan akun facebook aktif anda sebagai langkah awalnya, kalaupun belum ada akun facebook silahkan dibuat dulu. Tapi saya yakin di zaman millennial ini hampir semua orang punya akun facebook.
2. Buka Toko
Langkah selanjutnya silahkan deskripsikan produk anda secara detail.
3. Atur toko dan mulai berjualan
Selanjutnya atur toko anda di dasbor Avana dan silahkan bagikan ke media sosial.


Di avana, anda akan menemukan beberapa fitur yang akan mempermudah anda pada saat berjualan. Yang paling diutamakan adalah berjualan di media sosial, facebook menjadi saluran Utama sebagai media promosinya. Anda bisa memunculkan toko online anda di facebook , dan melalui facebook maka anda langsung bisa menautkan kemana-mana, instagram maupun wa.
Menggunakan Avana , kalian akan lebih mudah untuk manajemen produk. Menambah produk, edit jumlah produk, edit gambar bahkan kalian bisa mengatur sale produk anda. Hal ini bisa dilakukan dimanapun menggunakan hp android kalian, benar-benar praktis bukan.
Manajemen order pun sesederhana mungkin, tanpa harus membuat kalian pusing kepala, Notifikasi pesanan akan masuk ke email anda, dan pesanan dari seluruh media sosial anda akan masuk di satu dasbor. Di dasbor admin anda dapat mengontrol seluruh operasional toko anda, gateway pembayaran hingga pajak penjualan sudah diatur semuanya disini.
Untuk mengetahui berbagai fitur ini,anda bisa langsung kunjungi Avana dan bisa uji coba dulu menggunakan avana dengan fitur trial nya, seperti yang telah saya lakukan di bawah ini,saya sudah membuat toko online uji coba dalam waktu 3 menit.


Karena fitur-fitur yang telah disediakan oleh avana ini,maka semua urusan toko online bisa kita lakukan dimanapun dan kapanpun.
Jadi meskipun anda termasuk orang yang gaptek, nggak masalah karena avana telah membuat semuanya menjadi lebih mudah untuk dilakukan.
Soal harganya bisa anda sesuaikan dengan kantong masing-masing.

Avana bukan hanya membantu anda untuk membuka toko online tapi juga membimbing anda mengiklankan produk, demikianlah yang diutarakan oleh beberapa merchant avana.

Bagaimana, tertarik?
Tak kenal maka tak sayang, begitu kata pepatah lama mengatakan. Mau info lebih lanjut atau 14 days trial free silahkan kalian klik disini.

Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk yang membacanya, terutama pebisnis atau calon pebisnis online....selamat mencoba!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS

Solusi menghadapi selimut polusi dan perubahan iklim di era digitalisasi

sumber :   Canva Sejak awal oktober hingga 2 minggu terakhir oktober 2022 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mencatat sebany...