Cari Blog Ini

Kamis, 27 Mei 2021

Pandawa Mempermudah Layanan administrasi BPJS

 


Meskipun pandemi ternyata BPJS tetap mampu mempertahankan kinerjanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat , hal ini terbukti dengan hadirnya Pandawa ( Pelayanan Administrasi melalui whatsapp ).

Pandawa adalah kanal yang disediakan oleh BPJS dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada para peserta JKN ( Jaminan Kesehatan Nasional ) namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah.

Dengan pandawa masyarakat dapat mengurus berbagai administrasi kepesertaan JKN, termasuk update data tanpa harus bersusah payah datang ke kantor BPJS. Meskipun stay at home, kita dapat menggunakan aplikasi whastapp untuk mengupdate data kepesertaan JKN.

Hadirnya pandawa ini mempermudah masyarakat dalam memperbaharui data dan juga layanan administrasi lainnya seperti :

  1. Pendaftaran Baru ( PNS dan TNI/Polri )
  2. Penambahan anggota keluarga ( PNS, TNI/Polri, pensiunan/Veteran-PK,WNI PBI APBN/APBD,dan bayi baru lahir.
  3. Pengaktifan kembali kartu peserta ( Anak > 21 tahun masih kuliah ),Registrasi Ulang ( PNS, TNI/Polri, Veteran-PK), WNI kembali dari luar negeri dan data ganda.
  4. Pengaktifan Virtual Account ( VA ) kadaluarsa.
  5. Pindah jenis kepesertaan dari PBI/PPU Non Aktif menjadi peserta PBPU/Mandiri.
  6. Ubah data golongan dan gaji ( PNS dan TNI/Polri )
  7. Perbaikan data peserta PBI
  8. Pengurangan anggota keluarga ( pelaporan peserta meninggal dunia , pembaharuan KK, Pelaporan WNI pergi keluar negeri.

Jika anda ingin melakukan salah satu layanan administrasi di atas, silahkan menghubungi nomor pandawa sesuai dengan daerah domisili anda.

Misalnya seperti yang dilakukan oleh Pak Mat Nasik ( 48 tahun ), beliau sebelumnya adalah peserta PBI APBN yang telah di non aktifkan dari pusat sehingga kartu BPJS nya tidak dapat digunakan untuk berobat di rumah sakit.

Setelah berkompromi dengan keluarga, akhirnya beliau memutuskan untuk pindah kepesertaan menjadi peserta mandiri. Karena beliau berdomisili di Palembang maka pak mat nasik menghubungi nomor pandawa kota Palembang yaitu : 081273199265.



2 menit kemudian langsung ada balasan dari pandawa dan meminta pak mat nasik mengisi form antrian online. Form tersebut diisi sesua dengan data yang diminta termasuk memilih jenis layanan yang dibutuhkan oleh Pak Mat Nasik yaitu Pindah jenis kepesertaan dari PBI APBN menjadi peserta mandiri.

Selang beberapa menit kemudian frontliner Pandawa menghubungi pak Mat Nasik dan meminta berbagai syarat untuk merubah kepesertaannya menjadi mandiri.

Syarat-syaratnya :

  1. Foto selfie peserta dengan menunjukkan KTP disamping wajah ( pastikan seluruh wajah terlihat tanpa menggunakan masker atau topi ). Foto selfie dapat dilakukan oleh peserta atau keluarga yang ada dalam 1 ( satu ) Kartu Keluarga.
  2. Foto KTP
  3. Foto Kartu keluarga

Yang perlu diingat bahwa pengiriman data peserta ini maksimal 30 menit sejak direspon petugas Pandawa BPJS, jika melebihi waktu tersebut maka layanan akan dianggap batal dan harus mengulang kembali proses layanan.

Setelah mengirim data yang diminta, pak mat nasik langsung mengirim Formulir Administrasi yang dikirim oleh petugas BPJS dan data akan diproses 1x24 jam hari kerja.

Namun ternyata 20 menit kemudian pak Mat Nasik langsung mendapatkan nomor virtual account untuk pembayaran iuran kepesertaan mandiri dan juga informasi kapan tanggal pembayaran iuran tersebut. Karena untuk peserta PBI APBN yang pindah kepesertaan mandiri ada interval waktu 14 hari untuk mengaktifkan kembali kepesertaanya .

Jadi meskipun dari rumah, pak mat nasik dapat langsung merubah kepesertaan JKN nya dan tinggal menunggu waktu pembayaran, jika sudah dibayar kepesertaannya pun langsung aktif. Dan pak Mat Nasik pun dapat menjalani operasi di rumah sakit dengan menggunakan kartu BPJSnya.

Pak Mat Nasik adalah salah satu peserta yang telah menikmati kemudahan kanal layanan administrasi BPJS kesehatan. Di Indonesia banyak sekali peserta yang juga telah menggunakan layanan pandawa ini dan merasakan kemudahan dari salah satu inovasi yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada seluruh peserta JKN.

Ternyata di era digital ini semuanya pun bisa dilakukan lewat smartphone ya, meskipun menjadi kaum rebahan bukan berarti kita tidak bisa update data JKN kita. Ayo bagi anda yang membutuhkan layanan administrasi seperti yang tercantum di atas, silahkan langsung menghubungi nomor pandawa daerah masing-masing ya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS

Solusi menghadapi selimut polusi dan perubahan iklim di era digitalisasi

sumber :   Canva Sejak awal oktober hingga 2 minggu terakhir oktober 2022 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mencatat sebany...