Meskipun
pandemi ternyata BPJS tetap mampu mempertahankan kinerjanya dalam memberikan
pelayanan kepada masyarakat , hal ini terbukti dengan hadirnya Pandawa (
Pelayanan Administrasi melalui whatsapp ).
Pandawa
adalah kanal yang disediakan oleh BPJS dalam rangka memaksimalkan pelayanan
kepada para peserta JKN ( Jaminan Kesehatan Nasional ) namun dengan tetap
mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah.
Dengan
pandawa masyarakat dapat mengurus berbagai administrasi kepesertaan JKN,
termasuk update data tanpa harus bersusah payah datang ke kantor BPJS. Meskipun
stay at home, kita dapat menggunakan aplikasi whastapp untuk mengupdate data
kepesertaan JKN.
Hadirnya pandawa ini mempermudah masyarakat dalam memperbaharui data dan juga layanan administrasi lainnya seperti :
- Pendaftaran Baru ( PNS dan TNI/Polri )
- Penambahan anggota keluarga ( PNS, TNI/Polri, pensiunan/Veteran-PK,WNI PBI APBN/APBD,dan bayi baru lahir.
- Pengaktifan kembali kartu peserta ( Anak > 21 tahun masih kuliah ),Registrasi Ulang ( PNS, TNI/Polri, Veteran-PK), WNI kembali dari luar negeri dan data ganda.
- Pengaktifan Virtual Account ( VA ) kadaluarsa.
- Pindah jenis kepesertaan dari PBI/PPU Non Aktif menjadi peserta PBPU/Mandiri.
- Ubah data golongan dan gaji ( PNS dan TNI/Polri )
- Perbaikan data peserta PBI
- Pengurangan anggota keluarga ( pelaporan peserta meninggal dunia , pembaharuan KK, Pelaporan WNI pergi keluar negeri.
Jika
anda ingin melakukan salah satu layanan administrasi di atas, silahkan
menghubungi nomor pandawa sesuai dengan daerah domisili anda.
Misalnya
seperti yang dilakukan oleh Pak Mat Nasik ( 48 tahun ), beliau sebelumnya
adalah peserta PBI APBN yang telah di non aktifkan dari pusat sehingga kartu
BPJS nya tidak dapat digunakan untuk berobat di rumah sakit.
Setelah
berkompromi dengan keluarga, akhirnya beliau memutuskan untuk pindah
kepesertaan menjadi peserta mandiri. Karena beliau berdomisili di Palembang
maka pak mat nasik menghubungi nomor pandawa kota Palembang yaitu :
081273199265.
2
menit kemudian langsung ada balasan dari pandawa dan meminta pak mat nasik
mengisi form antrian online. Form tersebut diisi sesua dengan data yang diminta
termasuk memilih jenis layanan yang dibutuhkan oleh Pak Mat Nasik yaitu Pindah
jenis kepesertaan dari PBI APBN menjadi peserta mandiri.
Selang
beberapa menit kemudian frontliner Pandawa menghubungi pak Mat Nasik dan
meminta berbagai syarat untuk merubah kepesertaannya menjadi mandiri.
Syarat-syaratnya
:
- Foto selfie peserta dengan menunjukkan KTP disamping wajah ( pastikan seluruh wajah terlihat tanpa menggunakan masker atau topi ). Foto selfie dapat dilakukan oleh peserta atau keluarga yang ada dalam 1 ( satu ) Kartu Keluarga.
- Foto KTP
- Foto Kartu keluarga
Yang
perlu diingat bahwa pengiriman data peserta ini maksimal 30 menit sejak
direspon petugas Pandawa BPJS, jika melebihi waktu tersebut maka layanan akan
dianggap batal dan harus mengulang kembali proses layanan.
Setelah
mengirim data yang diminta, pak mat nasik langsung mengirim Formulir
Administrasi yang dikirim oleh petugas BPJS dan data akan diproses 1x24 jam
hari kerja.
Namun
ternyata 20 menit kemudian pak Mat Nasik langsung mendapatkan nomor virtual
account untuk pembayaran iuran kepesertaan mandiri dan juga informasi kapan
tanggal pembayaran iuran tersebut. Karena untuk peserta PBI APBN yang pindah
kepesertaan mandiri ada interval waktu 14 hari untuk mengaktifkan kembali
kepesertaanya .
Jadi
meskipun dari rumah, pak mat nasik dapat langsung merubah kepesertaan JKN nya
dan tinggal menunggu waktu pembayaran, jika sudah dibayar kepesertaannya pun
langsung aktif. Dan pak Mat Nasik pun dapat menjalani operasi di rumah sakit dengan menggunakan kartu BPJSnya.
Pak Mat Nasik adalah salah satu peserta yang telah menikmati kemudahan kanal layanan administrasi BPJS kesehatan. Di Indonesia banyak sekali peserta yang juga telah menggunakan layanan pandawa ini dan merasakan kemudahan dari salah satu inovasi yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada seluruh peserta JKN.
Ternyata di era digital ini semuanya pun bisa dilakukan lewat smartphone ya, meskipun menjadi kaum rebahan bukan berarti kita tidak bisa update data JKN kita. Ayo bagi anda yang membutuhkan layanan administrasi seperti yang tercantum di atas, silahkan langsung menghubungi nomor pandawa daerah masing-masing ya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar