Cari Blog Ini

Minggu, 30 Mei 2021

Dengan Digitalisasi BPJS Kesehatan, Semua Layanan Administrasi Lebih Mudah dan Anti Ribet.

 


Bu Lilis adalah salah satu peserta JKN-KIS yang sudah merasakan manfaat jaminan kesehatan dari BPJS ini sejak satu tahun lalu. Satu tahun lalu untuk pertama kalinya dia dirawat di rumah sakit karena anemia berat dan membutuhkan tranfusi darah. Bu Lilis adalah seorang peserta JKN-KIS dari segmen peserta PBI APBD yang didiagnosis menderita salah satu kelainan darah sehingga mengharuskannya untuk melakukan tranfusi setiap dua sampai 3 bulan sekali.  

Jika harus membayar sendiri biaya tranfusi ini mungkin dia hanya sanggup untuk membayar beberapa kali tranfusi saja, karena dia hanya seorang wanita pekerja serabutan, jangankan untuk membayar tranfusi secara kontinyu, untuk biaya kehidupan sehari-hari pun masih jauh dari kata cukup. 

Dia sangat bersyukur karena mendapatkan kartu JKN-KIS dari pemerintah daerah Palembang, dengan begitu dia dapat menjalani tranfusi secara kontinyu setiap 2 hingga 3 bulan sekali tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Dia hanya mempersiapkan biaya tranportasi bolak balik rumah sakit untuk menjalani rawat inap maupun rawat jalan. 

Pada bulan Mei 2021 ini adalah tranfusinya yang ke empat kali di salah satu rumah sakit swasta di Palembang. Dan setiap selesai menjalani tranfusi, dia harus kontrol rawat jalan di rumah sakit tersebut. 

Saat kontrol pasca tranfusi pertama kali, dia harus antri di loket pendaftaran rumah sakit sejak jam sembilan pagi hingga jam dua belas siang. Waktu 4 jam itu hanya untuk proses pendaftaran saja, belum lagi harus menunggu antrian pemeriksaan dokter di Poli rawat jalan. Jadi, untuk kontrol pasca tranfusi dia butuh waktu seharian di rumah sakit. 

Tapi sejak dia mengetahui bahwa pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui JKN Mobile, dia tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di loket pendaftaran rumah sakit. Cukup mendaftar secara online, dan memantau jumlah antrian maka Bu lilis dapat memperkirakan jam berapa dia harus datang ke loket pendaftaran sesuai dengan nomor antrian online. Mobile JKN sangat membantu Bu Lilis dalam melakukan pendaftaran administrasi rumah sakit.



BPJS Kesehatan sebagai badan usaha yang memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia telah membuktikan kinerjanya yang optimal dalam memberikan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat, terbukti dengan berbagai inovasi yang dilakukan BPJS untuk mempermudah layanan dengan tetap mematuhi peraturan pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan di era pandemi. 

Di era yang serba digital ini setiap orang pasti memiliki smartphone, karena smartphone telah menjadi salah satu alat komunikasi yang telah menjadi kebutuhan primer. Dari anak sekolah hingga orang tua menggunakan handphone setiap harinya. Oleh sebab itu BPJS saat ini memberikan beberapa layanan yang dapat dilakukan peserta dari rumah hanya dengan menggunakan gawainya alias smartphone sebagai wujud kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan juga digitalisasi BPJS Kesehatan.


Vika dan Chika

Vika adalah layanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status tagihan dan kepesertaan melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400 untuk mengecek status tagihan dan kepesertaan JKN-KIS.

Sedangkan Chika merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang langsung direspon oleh Artificial Intelligence ( AI ). Chika memberikan informasi mengenai status kepesertaan, tagihan , lokasi fasilitas kesehatan, lokasi kantor cabang BPJS Kesehatan, ubah data peserta dan registrasi peserta.


Pandawa

Pandawa ( Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp ) merupakan kanal layanan administrasi yang disediakan oleh BPJS dengan menggunakan media whatsapp sebagai salah satu upaya meminimalkan tatap muka di era pandemi ini. Nomor whatsapp yang disediakan oleh BPJS sesuai dengan daerah domisili peserta.

Beberapa hari lalu saya membantu teman saya yang ingin memindahkan kepesertaan PBI non aktif menjadi peserta mandiri. Saya langsung mengirim pesan wa ke nomor pandawa wilayah Palembang ( 081273199265 }.

Beberapa menit kemudian langsung direspon oleh petugas BPJS dengan mengirimkan pesan balasan yang berisi link untuk mengisi data agar mendapatkan nomor antrean online.

Selang 3 menit kemudian petugas frontliner BPJS langsung memberikan respon dengan mengirimkan formulir administrasi yang harus kita isi. Proses melalui pandawa ini sangat mudah dan praktis karena hanya memakan waktu beberapa menit, tergantung kecepatan kita menginput data sehingga petugasnya pun cepat membalas.

Ada beberapa layanan yang disediakan oleh pandawa ini :

  1. Pendaftaran Baru ( PNS dan TNI/Polri )
  2. Penambahan anggota keluarga ( PNS, TNI/Polri, pensiunan/Veteran-PK,WNI PBI APBN/APBD,dan bayi baru lahir.
  3. Pengaktifan kembali kartu peserta ( Anak > 21 tahun masih kuliah ),Registrasi Ulang ( PNS, TNI/Polri, Veteran-PK), WNI kembali dari luar negeri dan data ganda.
  4. Pengaktifan Virtual Account ( VA ) kadaluarsa.
  5. Pindah jenis kepesertaan dari PBI/PPU Non Aktif menjadi peserta PBPU/Mandiri.
  6. Ubah data golongan dan gaji ( PNS dan TNI/Polri )
  7. Perbaikan data peserta PBI
  8. Pengurangan anggota keluarga ( pelaporan peserta meninggal dunia , pembaharuan KK, Pelaporan WNI pergi keluar negeri.

Lebih lengkap mengenai pandawa dapat anda baca disini


Mobile JKN


Mobile JKN merupakan aplikasi yang disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk mempermudah para peserta JKN-KIS dalam mendapatkan informasi dan update data peserta, maupun kemudahan lainnya dalam menggunakan kartu peserta JKN-KIS .

Jika anda belum pernah menggunakan aplikasi ini, silahkan dowload terlebih dahulu di playstore dan mendaftar sebagai pengguna mobile baru. Selanjutnya silahkan isi data sesuai dengan yang diminta dan anda pun dapat login ke dalam aplikasi ini.

Ada 20 fitur yang disediakan dalam aplikasi ini .


Kalian tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin merubah fasilitas kesehatan tingkat I maka kalian pilih menu ubah data peserta dan klik fasilitas kesehatan Tingkat I, kemudian kalian pilih sesuai keinginan.

Jika ingin mendaftar antrian online di sebuah rumah sakit, silahkan kalian pilih pendaftaran pelayanan dan entry data sesuai dengan kebutuhan kalian, sangat mudah dan praktis bukan.Semua inovasi ini disediakan oleh BPJS Kesehatan tidak lain untuk meningkatkan pemberian layanan BPJS Kesehatan kepada seluruh masyarakat indonesia. 




Digitalisasi BPJS Kesehatan ini juga merupakan wujud kinerja BPJS Kesehatan terhadap pengembangan layanan pada fasilitas kesehatan di seluruh wilayah Indonesia. Dan diharapkan di masa yang akan datang BPJS dapat menghadirkan lagi berbagai inovasi  yang akan lebih mempermudah kita dalam mengakses berbagai layanan dan informasi BPJS Kesehatan.


Salam sehat untuk semua masyarakat Indonesia.

Jangan lupa, Dengan gotong royong semuanya tertolong.


Referensi :

  1. BPJS Kesehatan (bpjs-kesehatan.go.id)
  2. Cara Daftar JKN Mobile untuk BPJS Kesehatan 2021 (lifepal.co.id)
  3. Digitalisasi BPJS: Momentum Akselerasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat Indonesia Halaman 1 - Kompasiana.com
  4. Chika & Vika Beri Warna Baru dalam Layanan BPJS Kesehatan (cnbcindonesia.com)
  5. Chika & Vika Beri Warna Baru dalam Layanan BPJS Kesehatan (cnbcindonesia.com)
  6. (967) Mobile JKN BPJS Kesehatan - YouTube
  7. CHIKA Permudah Kebutuhan Informasi Peserta BPJS Kesehatan di Tengah Pandemi (pantau.com)



2 komentar:

  1. Semangat kak, tulis terus, saya lihat rapi tampilannya, isinya juga variasi, semangatt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyu sdh mampir di blog ini, insya allah akan terus semangat menorehkan aksara di blog ini, salam kenal y.

      Hapus

NEWS

Solusi menghadapi selimut polusi dan perubahan iklim di era digitalisasi

sumber :   Canva Sejak awal oktober hingga 2 minggu terakhir oktober 2022 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mencatat sebany...